Jumat, 18 Desember 2015

Ternyata Ini Cara Bikin Pisang Goreng Enak


Selain dimakan langsung, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi pisang dengan cara direbus atau digoreng..

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di dunia khususnya di Indonesia. Buah yang berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

Banyak cara dilakukan orang untuk mengonsumsi buah tinggi zat potasium ini. Selain dimakan langsung, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi pisang dengan cara direbus atau digoreng. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara menggoreng pisang yang benar dan nikmat.

Wildan Tanto, pemilik salah satu perusahaan kuliner, Pisangku Pisang Goreng Pasir berbagi resep membuat pisang yang benar:

Pilih jenis pisang yang tepat
Tidak semua jenis pisang dapat dibuat sebagai camilan pisang goreng. Hanya beberapa jenis di antaranya saja yang cocok. Seperti pisang tanduk, pisang nangka, pisang uli, dan pisang kepok.

"Tidak semua loh jenis pisang enak buat digoreng. Saran saya sih pilih pisang kepok kuning yang tua. Ciri-cirinya bentuknya padat, tidak berwarna putih, dan ujungnya tidak mengkerut," kata Wildan yang ditemui Money.id, Selasa 24 November 2015.

Adonan tepung pas
Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang saat menggoreng pisang adalah adonan tepung yang diberikan gula. Penambahan gula dalam tepung hanya akan membuat pisang goreng Anda gosong dan menghitam.

"Jangan pernah memberikan gula pada adonan tepung pisang goreng. Karena itu akan membuat pisang menghitam dan gosong. Lebih baik tambahkan sedikit garam dan kocokan telur."

Banyak minyak
Orang sering kali malas untuk memakai minyak terlalu banyak hanya untuk menggoreng pisang. Tetapi itulah rahasia pisang bisa bertekstur garing.

Sebelum memasukkan pisang yang telah tercampur adonan tepung, minyak untuk menggoreng harus sangat panas, agar pisang langsung tercelup merata.

Memasak yang tepat
Jangan remehkan besar kecilnya api yang digunakan untuk menggoreng pisang. Penerapan teknik ini dengan benar bisa menjadikan pisang yang Anda goreng semakin nikmat, loh.

"Api harus besar, kemudian masukkan pisang secara perlahan. Lalu langsung matikan api. Jangan diaduk pisang tersebut hingga pisang mengambang, karena bila Anda mengaduknya terlalu cepat, tepung yang membalut pisang bisa lengket diwajan. Setelah itu nyalakan api kembali dan aduk perlahan hingga matang," ujar Wildan.

Setelah matang, Anda bisa mencampurnya dengan gula merah yang telah di-steam, atau bubuk aren supaya lebih nikmat.

Bila tidak terlalu suka dengan gula merah, Anda bisa menggantinya dengan susu kental manis. Nikmat, bukan? Selamat Mencoba!

Sumber: Money.id

Ternyata Ini Cara Bikin Pisang Goreng Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: admin

0 komentar:

Posting Komentar